KisaH BeTe eN HePI SeORang PNS

Ikon

Just another my bad days, or a few my good days

Beasiswa

Pengen jadi PNS karena pengen sekolah lagi? Sebenarnya sebuah pemikiran yang masuk akal. Banyak sekali instansi-instansi pemerintah memberi kesempatan kepada pegawai negeri untuk melanjutkan pendidikan, baik S1, S2, hingga S3. Ya mirip kayak instansi saya ini. Malah ada 3 unit kerja yang mengadakan beasiswa bagi pegawainya. Menarik bukan?

Tapi apa yang nampak mudah ternyata tidak mudah seperti yang terlihat. Mungkin karena masih instansi yang terhitung baru, pelaksanaan beasiswa pun terkesan sangat berantakan. Yang paling menonjol adalah masalah pembiayaan. Beberapa teman saya terpaksa harus mbobok tabungan hanya untuk sekedar terdaftar dulu. Ada pula yang perguruan tingginya tidak menyetujui sistem pembayaran yang ditawarkan. Saya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi bila dana pendidikan yang telah dianggarkan ternyata tidak kunjung cair, malah apabila instansi yang baru seumur jagung ini dibubarkan, apa tidak mencret-mencret tu yang ngambil beasiswa…

Urusan kuliah yang memang seharusnya mereka itu konsentrasi di kuliahnya bisa jadi malah harus memikirkan bagaimana kita harus menalangi biaya kuliah yang tidak kecil itu. Lalu bagaimana nasib yang kuliah di luar negeri bila aliran dana tersebut mampet? Mungkin untuk biaya kuliah sudah bisa diatasi, nah kalau biaya hidup yang macet? Belajar dengan perut kosong ujung-ujungnya malah bikin berantakan kuliah.

Solusinya? Saya tidak punya hak untuk memberi solusi. Hak saya hanyalah mengatakan kepada siapapun kalau penanganan beasiswa di sebuah instansi tidaklah semudah buang air besar (yang kadang-kadang sulit juga sih…). Saya sih takutnya kalau nanti program yang bagus dan keren ini akhirnya dibabat pada mata anggaran instansi tahun berikutnya, ya yang rugi kan para pegawai. Mereka juga berhak mendapatkan pendidikan tinggi yang layak.

Filed under: gado-gado, , , ,

2 Responses

  1. silvi mengatakan:

    dulu aku milih jadi guru berharap bisa coba ambil beasiswa, eh ternyata susah juga hihihi…

  2. pnsgila mengatakan:

    Teruslah berharap, mbk silvi. Sapa tau ada rejekinya thn ini…

Tinggalkan Balasan

Follow Twitter Gue DONK!

