KisaH BeTe eN HePI SeORang PNS

Ikon

Just another my bad days, or a few my good days

Kisah Konyol PNS Udik Di Negeri Orang (1)

Ini terjadi beneran di tahun 2006, ketika saya masih berstatus CPNS. Yang pasti menterinya masih yang lama. Tentu bos saya juga masih yang lama. Jadul deh pokoknya. Yang pasti waktu itu kerjaan kita benar-benar bejibun. Padahal baru CPNS, tapi udah dikasih kerjaan kayak eselon 1. Pusing dah…

Singapura…bukan udang

Ini patung merlion…bukan udang 

Yang lebih diluar kebiasaan adalah mereka (para bos jadul saya ini) sangat pengen kita untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di luar. Katanya sih buat menambah pengetahuan. Bagus juga sih, meski ujung-ujungnya kerjaan tambah banyak. Asem! Sebagai seorang CPNS yang bisa setiap saat dipecat (karena belum PNS), ya kita dengan pasrah menurutinya. Namun bukan berarti semuanya serba gak enak. Ada hal yang sangat enak (akhirnya) menghampiri nasib CPNS sial ini. Kesempatan ke luar negeri! Wow…keren bo!

Dulu awalnya sempat ditawari, namun karena berhubung passport saya belum jadi, ya kesempatan itu melayang ke rekan kerja saya satunya. It’s oke, kalo bukan rejeki, gak bisa dipaksa. Namun kesempatan itu akhirnya datang juga. Saya diminta boss untuk menghadiri acara Government Technology Forum yang diadakan di Singapura. Well, awalnya saya sangat seneng hingga rasanya mau orgasme (??). Tapi setelah ngeliat jadwal acaranya, baru deh saya ngeh. Ternyata acara itu diadakan sehari setelah lebaran.

DENG! My God!

Tandanya, abis lebaran, gua kudu langsung ngacir ke Singapura! Huwwaa…padahal gua masih pengen banget yang namanya makan ketupat. Huhuhu…tapi demi menjunjung nama bangsa, akhirnya saya bertekad berangkat juga, hehehe…sok patriot neh gue..:P

Akhirnya saya pun bersiap-siap untuk berangkat. Passport untungnya udah jadi, tinggal kita nunggu petunjuk dari boss, apa yang harus kita lakukan. Berhubung ini adalah undangan dan segala sesuatunya sudah di-cover ama yang punya acara, maka saya tidak perlu lagi minta duit ke instansi saya, alias ditalangi semua ama panitia. Sip deh.

Permasalahan lain muncul. Ternyata rekan-rekan kerja saya gak ada yang bisa ikut. Ya wajarlah, tanggal segitu kan pada berlebaran, sedangkan gua malah terbang ke Singapura buat kerja. Entah itu sesuatu yang baik atau tolol. Yang pasti kalo saya gak ikut itu acara, si boss bisa marah besar. Keluar dari mulut singa, masuk mulut buaya darat. Susah deh.

Yang pasti saya harus disuruh nyariin orang satu lagi untuk ikut. Awalnya rekan kerja lantai 7 saya sangat tertarik untuk ikut. Eh, pas detik-detik terakhir, dianya langsung mundur. Akhirnya saya mencari lagi. Korban akhirnya didapat juga. Seorang CPNS juga, dan sama gilanya dengan saya, hehehe… Ini teman baik saya, namanya Nunik. Tentu teman saya yang antik ini ho oh saja diajak ke Singapura. Awalnya sempat ragu melihat tanggal keberangkatan kita pas sehari setelah lebaran. Namun akhirnya dia mau juga. Malah ortunya ampe mau bikin selamatan segala tau anaknya bakal ke luar negeri, hehehe…(becanda kok, Nik!). Dan inilah kita, dua orang sinting yang meninggalkan suasana lebaran demi sebuah tugas yang masih belum jelas kita mau ngapain di sana. Mampus deh gua.

Persiapan pun sudah mulai lengkap. Passport Nunik pun sudah jadi. Agar segalanya berjalan lancar, kami pun sering berkirim e-mail dengan salah satu panitia yang mengurus acara ini. Namanya Gerald, bahasa Inggrisnya bagus (ya iyalah, namanya juga orang Singapur…). Dia inilah yang menjadi contact person bagi kita di sana. Dan yang pasti kita paling suka bikin dia repot (liat aja ceritanya pada postingan berikutnya).

Ternyata ada sedikit masalah, kita hanya di-cover untuk kamar hotel 3 hari dan tiket pesawat, tanpa sarapan. Sebenarnya gak masalah sih, toh asal bukan hotel ama pesawat, segalanya bisa diatur. Nah, ternyata yang tidak saya sangka-sangka, pak Menteri saya (tentu yang jadul) sangat perhatian dengan keberangkatan kami berdua. Sebut aja Pak Kumis, karena dia emang berkumis orangnya. Kami berdua pun akhirnya dipanggil. Wuiihh…gak nyangka ya, hanya untuk urusan ke Singapura gini, Pak Kumis masih tega memanggil kita. Well, ternyata emang ada maksudnya. Setelah beliau memberi sedikit wejangan tentang apa yang harus kita lakukan di sana, ternyata beliau juga memberi ‘sedikit’ untuk kita sesuatu. Tau apakah itu? US$ 100! Dan itu masing-masing dari dikasih segitu!

Alhamdulillah…semoga saya doakan Bapak akan tetap kaya dan terus menjadi menteri, kalo perlu jadi presiden sekalian, gitu kira-kira doa saya di dalam hati. Benar-benar seorang menteri yang keren deh! Bayangkan, boss…kita ini baru CPNS, tapi ya udah dikasih kepercayaan setinggi langit! Dari sinilah saya percaya, kalo ada 20 saja jenis orang kayak dia, pasti dapetnya 20 x US$ 100 = US$ 2000! Heheheh….

Uang sudah di tangan, tinggal persiapan berangkat. Nama-nama pun sudah fix. Ternyata salah satu dari boss saya ada yang berangkat juga. Selain itu ada yang dari Kementerian Ristek, Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi, ama Deplu. Yang dari Ristek kalau gak salah bakal jadi narasumber di acara tersebut. Oya, awalnya soal passport, kita mau diurusin untuk mendapat passport biru, namun karena keburu udah kena hawa-hawa lebaran yang PNS-nya udah pada ngacir, ya terpaksa pakai passport ijo.

Lalu bagaimana kelanjutannya? Nanti akan saya ceritain bagaimana culunnya kita di sana pas menginjak lantai bandara Changi, trus begonya kita memakai kartu GSM di sana, bingungnya membaca peta, dan….udah ah, tunggu posting berikutnya aja ya…

Filed under: perjalanan, , , , , , ,

3 Responses

  1. lydia mengatakan:

    hahhaha, gw jd inget masa-masa itu yung😀 scara gw yg melarikan diri di saat-saat terakhir hahhaha.. huaaahh jd kangen om kumissss..

  2. pnsgila mengatakan:

    Kutukupret! Ya ini orangnya yang melarikan diri di saat2 trakhir, hehehe…HOI jangan lupa, bantuin gw bwt laporan SK, duitnya dah cair tuh, lyd!

  3. lydia mengatakan:

    bereessss.. td menkeu sms gw. besok gw dateeengggg. lg uas neeeh😥

Tinggalkan Balasan

Follow Twitter Gue DONK!

