KisaH BeTe eN HePI SeORang PNS

Ikon

Just another my bad days, or a few my good days

Gaji Imut, BBM Bikin Semaput

Awalnya firasat gua udah gak enak pas SBY berpidato gak jelas soal ajakan untuk berhemat dan bersiap menghadapi krisis dunia akibat meroketnya harga bahan pangan dan BBM. Beberapa hari kemudian firasat itu akhirnya terbukti ketika Boediono mengatakan bahwa BBM akan naik. Lagi-lagi Pemerintah tidak berani menyebutkan kapan ‘bencana’ itu akan dimulai. Berita-berita pun beseliweran tentang berbagai skenario kenaikan harga dan dampaknya. Tapi yang ada di otak gua cuma satu: MATI AKU! BISA-BISA TEKOR DAH GAJI GUA!

Gimana gak tekor, dengan kondisi sekarang aja gua sudah setengah mati mengatur keuangan sendiri. Jangan ngomong soal honor itu itu ama duit SK yang gak pasti. Apalagi ada kebijakan baru kalo PNS gak boleh megang SK lebih dari tiga. Dengan kata lain, gua harus nyari alternatif-alternatif lain yang bisa untuk menambah tabungan hidup gua. Kalo sekedar untuk kebutuhan sehari-hari, sebenarnya sudah cukup. Cuma kan gua juga butuh nabung yo…

Mungkin sekedar penghilang stress gara-gara harga BBM bakal naek, gua kasih tips buat para PNS kere kayak saya ini untuk menyiasati kenaikan harga BBM. Yah daripada gua nyumpah-nyumpahin pemerintah yang ujung-ujungnya ditembak ama UU ITE, mending kasih tips aja. Toh sapa tau berguna, minimal berguna untuk mentertawakan diri sendiri. Okeh, berikut tips-tipsnya:

  1. Bagi yang biasanya berkendara dengan mobil, cobalah jual mobil tersebut dan ganti ama motor. Kalo masih terasa berat juga, coba jual aja motor tersebut lalu ganti ama sepeda. Masih terasa berat juga? Jual sepeda itu trus cobalah naek angkutan. Tetap merasa berat? Cobalah nebeng.com. Malu mau nebeng? Yowis, cobalah jalan kaki, mayan tuh menyehatkan. Tetap masih terasa berat juga?? MANJA AMAT SIH LO!? BERKORBAN DIKIT NAPA…
  2. Salah satu biaya yang tidak bisa dianggap remeh adalah uang makan. Meski PNS sudah dapat uang makan kira-kira 15ribu per hari (itu pun dibayar per 2 bulan sekali di satker gua), tetap saja yang namanya pengeluaran untuk makan tetap harus diirit. Caranya? Bawalah bekal dari rumah. Ini serius, bos. Kalo bawa bekal dari rumah, bisa lebih irit. Tapi gua tidak menyarankan untuk membawa penggorengan, kompor dan bumbu-bumbu masak  ke kantor. Tapi kalo Anda cukup gila, silakan dicoba. Gua gak tanggung jawab.
  3. Bagi yang sudah berkeluarga, pastilah beban hidup semakin berat. Bagi mereka yang udah punya anak, coba deh ikut asuransi pendidikan. Tau sendirilah seperti apa biaya sekolah anak sekarang. Itu paling tidak bisa mengurangi beban biaya keluarga. Bagi yang belum menikah, menikahlah. Karena menikah itu UEENAAAKK TENAN, hehe… (itu kata orang yang udah nikah lo..).
  4. Tekanlah sekuat mungkin pengeluaran-pengeluaran yang bisa ditekan. Misalnya, penggunaan listrik. Biasanya pengeluaran listrik paling banyak adalah televisi. Seringkali kita punya kebiasaan menyalakan tivi meski gak ada yang nonton. Cobalah ubah kebiasaan jelek itu. Nyalakan tivi hanya waktu mau nonton aja dan juallah bila sudah tidak ditonton. Lumayan kan dapet duit.
  5. Jangan pernah sekali-kali elu minjem duit ato apapun yang berjudul kredit kalo memang gak perlu-perlu amat. Ingat, salah satu yang bikin bankrut negara ini adalah HUTANG. So, elo jangan pernah coba-coba berutang, apalagi nekat hutang ke mertua. Bikin malu aja. Selain itu hutang itu kayak lingkaran setan. Gali lobang tutup lobang. Gak ada habisnya. Pokoknya hindari hal itu. Titek.
  6. Cobalah untuk tidak tergoda untuk berbelanja hal-hal yang tidak penting. Misalnya, gonta ganti HP. Iklan emang menyesatkan, sobat. So, cintailah HP yang ada sekarang, sampe bulukan kalo perlu. Trus yang bikin pengeluaran lumayan besar adalah gonta ganti pacar. Cukup Anda setia dengan pasangan Anda. Jangan lupa pakai kondom (lo??).

Filed under: gado-gado, , , , , ,

32 Responses

  1. ika mengatakan:

    saya juga ndak ganti2 hape.sejak awal punya hape sampe sekrang ya itu aja..hehe

    btw,harusnya yang korup itu balikin duit rakyat biar bisa nambal keuangan negara. kalo ndak mau balikin,terapin aja hukuman gantung buat koruptor…

    kalo ndak bisa juga tetapin kayak gitu,mungkin negara ini harusnya dikelola swasta aja biar ndak ada korup lagi..

  2. Oom Dut mengatakan:

    Huahaha cukup lutju niy

  3. Oom Dut mengatakan:

    Satu tips lagi, Kalau di Departemen atau Lembaga anda memiliki bus jemputan, manfaatkan itu karena jauh lebih hemat dibanding dengan naik angkutan umum or bawa kendaraan sendiri yang hanya membakar duit subsidi BBM dan menambah keruwetan lalu lintas.

  4. kang4roo mengatakan:


    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

  5. aRuL mengatakan:

    selalu menjadi keluhan ini…
    solutif yg menyiksa rakyat😀

  6. PNSJUGA mengatakan:

    wakakaaaa… kesan pertama baca tulisan si bos ini.

    Lumayan PNS spt saya ini masih bisa tertawa…..

    dari pada mikirin bangsa yang g jelas ini mending mbaca blog sampeyan .

  7. pnsgila mengatakan:

    @ika,
    korupsi itu bukan masalah swasta ato negeri, tp karena korupsi udah membudaya. Di swasta pun banyak banget kasus korupsinya, cuma ya ndak terekspos aja.

    @Oom dut,
    Hmm…boleh juga tuh tipsnya, Om. Tp di tempat saya bisnya dateng kesiangan pulang kecepetan. Ya sama aja boong dong..

    @aRuL,
    Hehe…

    @PNSJUGA,
    Boleh ketawa, tapi tetap kerja ya…:D

  8. akmalhasan mengatakan:

    wakaka.. tips yang lucu dan menyegarkan, cukup memberi hiburan sambil menunggu detik-detik pengumuman naiknya BBM.
    Kalo boleh menganjurkan, wahai para pemimpin, buatlah selalu keputusan yang bijak dari hati nurani dan kedepankan kepentingan raktjat..

    salam perjoeangan BBM…

  9. zoel chaniago mengatakan:

    jalan kaki aja kk… kan sehat.. kalau g’ make sepeda > back to jadul

  10. zoel chaniago mengatakan:

    kan bisa ngemat tuchhhh😀

  11. hmcahyo mengatakan:

    iya deh.. padahal kan baru naek bulan pebruari kemaren🙂

    aduh… mudah-2an bisa sabar🙂

    salam ajah dari malang… lama nggak ke blog ini

    http://hmc.web.id (blajar bhs inggris lewat nasyid)

  12. pnsgila mengatakan:

    @akmalhasan,
    bener tuh, jadi pemimpin harus dengerin hati nurani ama suara perut rakyat…

    @zoel chaniago,
    emang yg jadul is the best deh

    @hmcahyo,
    hehe..iye nih, pkbr, pak? malang gmn suasananya? pengen banget maen2 kesana neh..

  13. samsul mengatakan:

    karena nggak bisa kerja tanpa beli bensin, terpaksa deh nurut aja bbm naik dan setia beliin bensin motor gua yg masih dibiayai perusahaan finance

  14. emyou mengatakan:

    di tempat gw mala uang makan aja gak ada hiks… *curhat colongan mode on*

  15. aRuL mengatakan:

    tpi PNS juga dituntut produktivitasnya nih…😛

  16. atakeo mengatakan:

    Tidak ada pilihan. Pilihan kita jelas. Pilihan orang kalah. Pilihan Anggota Dewan bersuara. Pamornya kedengaran. Hasil tidak ada tetapi ingin dipilih lagi.
    Tak ada hiburan lain selain ambil ikat pinggang ketatkan ikatan tapi tetap di pinggang. Jangan dilonggarkan dan naik ke leher, bisa kejerat.
    Kalau di rumah. hati-hati. Jaga mulut jaga hati. Piring tetap dicuci dan disimpan. jangan sampai jadi piring terbang. Kalau terlalu datar bahaya. Biarkan piring di tempat. Pisau dapur disimpan jauh-jauh. Tidak ada daging yang bisa dipotong. Daya beli tidak ada. Kalau hanya kangkung dan bayam bisa dikopek pakai tangan. Pisau diumpet saja. Jangan sampai angkat pisau untuk tujuan yang salah.
    Ini nasehat bagi kita semua. Harga BBM pasti naik.NAIK DAN NAIK LAGI.

  17. stey mengatakan:

    Pemerintah belum tau kapan naek, dan tidak bisa menjanjikan bahwa ini kenaikan yang terakhir kali..gimana coba?

  18. windi mengatakan:

    thanks banget yah tipsnya, gak dikasih tau juga kita mah emang udah otomatis berhemat. Tau gak, semenjak jadi PNS (tdnya sempet di swasta), daku jadi rajin lho….. masak sendiri buat bekel lunch, bangun pagi banget buat ngejar jemputan, gak makan di luar lagi, gak banyak jalan di mal sehingga terhindar dari membeli barang yang gak perlu-perlu amat. Poko’e PNS makes me a better woman dech… he…he….. Hidup PNS!!

  19. Paman Tyo mengatakan:

    lho bagi yang belum menikah mestinya dikasih ucapan, “bersyukurlah, soalnya hidup makin susah…”🙂

  20. pnsgila mengatakan:

    @samsul,
    gpp, bos. Asal bisa ngirit,😀

    @emyou,
    Klo pns emang dpt jatah uang makan. Klo blum iseng2 berhadiah SP coba ditanya aja. hihih..

    @arul,
    ini die…dituntut tp renumerasi ga layak…

    @atakeo,
    wah…susunan kalimatnya keren banget…

    @stey,
    ya ditunggu aja

    @windi,
    tul, mbak. Hidup bekal makan siang!

    @Paman Tyo,
    sayah terharu paman sudi berkomentar di sini, huhu…

  21. pramudyaputrautama mengatakan:

    mas, tipsnya sampeyan bagus sekali, saya numpang ijin tipsnya saya adaptasi di postingan saya ya. mohon diijinkan karena udah saya posting hehehehe
    matur nuwun

  22. pnsgila mengatakan:

    @pramudyputrautama,
    silakan dipublish, gratis kok, gak beracun pula..:D

  23. Sonny mengatakan:

    hemat…hemat itu intinya.

    jangan mengeluarkan yang tidak perlu.😀

  24. phe_error mengatakan:

    @ pnsgila

    arek malang tha???

  25. papabonbon mengatakan:

    wah, gue baru dua bulan ini ganti hp. apa emang perlu dijual lagi yah hehehehe :p

  26. juliach mengatakan:

    Jual mobil, beli camping-car lalu parkirin aja di depan kantor. Lebih hemat lagi ngak perlu BBM, mo makan siang tinggal bikin ceplok telor, bikin nasi pakai rice cooker taruh di kolong meja kantor tinggal colokin aja, numpang mandi di toilet kantor, pulang kantor langsung tidur, ngak perlu pakai lampu listrik, lampu di jalan saja sudah cukup terang.

    Gimana ide gw ini?

  27. pnsgila mengatakan:

    @phe_error,
    pernah tinggal di malang en punya rumah di malang

    @papabonbon,
    hmmm…dikasih ke sayah aja doonkk…(pnsgila bin miskin tenan)

    @jualiach,
    mbak, idenya boleh jg. tp kan tetap aja pake bbm. Yah, sami mawon…

  28. jutix mengatakan:

    tips buat ngatasin inflasi BBM :
    – Jualan Pulsa aja… lumayan kan, satu kantor bisa jadi pembelinya… modalnya juga dikit
    – jualan burger…hehehehe…gak nyambung, tapi modalnya juga dikit…

  29. pnsgila mengatakan:

    @jutix,
    yg tips no satu, dah banyak saingannya. gak asik.
    trus klo jualan burger, kyknya situ masih terobsesi ama jualan burger ya…:D

  30. ega mengatakan:

    aduuuuuuuuuuhh

    gaji imut, BBM naik bikin semaput, pala cenut2…pengen gelut..halah

    pusiiiiiiink

  31. Silly mengatakan:

    Haduh iya nih, kasihan yach kaum buruh diindonesia, gaji imut, bikin kepala cenut2, .. :))
    100 thn kebangkitan nasional… 100 thn kita berjuang melawan kemiskinan… tapi apakah kita sudah benar2 merdeka???

    hmmmm… ikut prihatin yach😐

  32. pnsgila mengatakan:

    @ega dan Silly,
    Pabrik obat sakit kepala bakal kebanjiran order neh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Follow Twitter Gue DONK!

%d blogger menyukai ini: