KisaH BeTe eN HePI SeORang PNS

Ikon

Just another my bad days, or a few my good days

100 Tahun Kebangkitan Nasional: Bisa?

Ketika sekumpulan anak muda yang terbebaskan membentuk suatu wadah yang bernama Boedhi Oetomo, dan akhirnya dianggap menjadi tonggak sejarah kesadaran berbangsa untuk lebih memilih merdeka dan menentukan nasib sendiri bagi sebuah identitas bak lukisan abstrak yang bernama Indonesia. Itu katanya terjadi pada tanggal 20 Mei 1908. Yup, 100 tahun yang lalu.

Bagi gua yang lahir sebagai lapisan generasi yang sudah mengenal blog dan iPod (meski gua gak punya iPod), tentu itu suatu hal yang teramat sulit dipahami. Selain rentang waktu yang begitu lama, juga banyak literatur sejarah yang harusnya menjadi pertimbangan untuk mempertanyakan lagi sejarah Kebangkitan Bangsa ini. Bagaimana mungkin sebuah organisasi yang pada masa itu mendukung pemerintahan Hindia Belanda, sama sekali tidak pernah mencita-citakan Indonesia merdeka, dan bahkan sejumlah tokohnya merupakan anggota Freemasonry Belanda (Vritmejselareen), dianggap sebagai tonggak sejarah bangsa ini bangkit untuk tercerahkan secara intelektual?

Padahal banyak pula literatur yang mengatakan bahwa sebelum tahun 1908 sudah ada yang namanya organisasi Syarikat Islam (SI) yang lahir terlebih dahulu dari Boedhi Oetomo, yaitu di tahun 1905. Justru organisasi ini jelas-jelas menentang penjajah dan menyerukan Indonesia merdeka tidak pernah dianggap sama sekali sebagai tonggak yang jauh lebih besar ketimbang Boedhi Oetomo. Kalo mau baca lebih jelasnya, liat aja di sini.

Ya sudahlah. Biarlah itu menjadi perdebatan para ahli sejarah yang hebat-hebat itu. Kita-kita ini hanya paham bahwa tanggal segitu itu pada 100 tahun yang lalu adalah bangkitnya sebuah bangsa yang seabad kemudian mengalami metamorfosis yang luar biasa. Mulai dari sebuah kumpulan suku-suku yang saling berperang, saling invasi satu sama lain, lalu digebuk ama para orang bule yang hanya ingin rempah-rempahnya saja. Lalu, BLAR..!! Muncullah organisasi superbody bernama Boedhi Oetomo, dan seluruh bangsa ini akhirnya bangkit dan melawan penjajah. MAMPOES LO, KOMPENI! Indonesia sekarang udah punya Boedhi Oetomo, HAHAHA… Kayak gitu ya skenarionya? Kalo salah mohon dikoreksi.

Tapi itulah yang ada di pikiran gua saat ini.

Filed under: perjalanan, , , , , ,

9 Responses

  1. Boedoet_boetoet mengatakan:

    gw setuju ama loe SOB!!!

    karena AD/ART boedi oetomo (boe-doet) menyebutkan bahwa yg bisa jadi anggota boedoet cuma orang jawa doang, emange wong jowo thok bangsa indonesia iki???

    padahal akeh suku-suku liyane sing urip nang endonesa iki.

    harusnya tonggak bersejarah kebangkitan endonesa(h) ini pada saatnya lahirnya SI (yg nglahirin SI dukun brabak siapa yah?)

  2. aminhers mengatakan:

    boleh juga kupasannya nih…
    pokoknya indonesiaku indonesia kita !

  3. pnsgila mengatakan:

    @boedoet_boetoet,
    Mungkin ada alasan laen napa si Boedoet ini yang akhirnya terpilih. Semoga alasannya rasional

    @aminhers,
    ya itulah…gimana2, tetap aja kita tinggal di indonesia, makan di indonesia, nafas di indonesia, boker di indonesia, hingga kawin di indonesia…

  4. ega mengatakan:

    boedoet bukannya suka tawuran?
    heheh ga nyambung

  5. janganlupa mengatakan:

    bagus…………..

    tapi, kita juga harus saling bersatu.

    seperti, jika kita membantu teman dengan keadaan apapun, dan jangan bikin seorang yang mempunyai kelompok nya sendiri, misal nya jika anda di bikin masalah sama yang lain, maka kelompok anda akan membantu anda untuk menghakimi orang tersebut..

    dari siti lah yang menjadi kesalahan besar, kita tidak harus mempunyai kelompok yang hanya membela teman kita, tetapi kita harus membela orang yang tidak hanya kita kenal seperti [ARA PERJUANG kita, yang tidak mengenal semua pahlawan nya dan membantu nya hanya untuk mengharumkan bangsa negara Indonesia ini yang kita cintai.

    janganlupa @saia.com

  6. bangzenk mengatakan:

    sepakat bung..

    literatur yg kt pake d sekolahan kan msh sejarah versi soeharto..

    salamhangat.
    berbagi cerita..

  7. indocoolz mengatakan:


    AYO LAH KITA MERAMEKAN KOMUNITAS “Axxyc.com”

    (Komunitas Indo, ngak perlu register)

  8. […] Sumber foto : blog orang […]

  9. Marlen Nebarez mengatakan:

    Again, a original post, thanks a lot. I wanted to say I just looked over your earlier posts on here and I enjoyed it. I’ll be back.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Follow Twitter Gue DONK!

%d blogger menyukai ini: