KisaH BeTe eN HePI SeORang PNS

Ikon

Just another my bad days, or a few my good days

Arti Umur

Hari ini saya tidak ingin ngeracau tentang PNS, apalagi mo ngelucu soal PNS (dan blog ini emang gak ada niat mo ngelucu, bikin mules iya, hehe…). Kali ini saya mau sok jadi sastrawan kayak Gunawan Mohammad neh. Cuma kalo entar jadinya kayak Srimulat, mbok ya jangan diketawain ya…

Konon suatu ketika, para dewa menanam sebuah pohon yang bernama Baobab di lembah sungai Kongo. Pohon ini memiliki sejumlah keistimewaan, salah satunya adalah umurnya yang panjang banget, bisa mencapai ribuan tahun. Tetapi si Baobab resek karena tanahnya lembek sehingga tubuhnya gampang tenggelam. Para dewa pun jatuh kasihan, maka dipindahkanlah si baobab itu ke pegunungan Bulan di Ruwenzori, Uganda.

Tapi dasar bandel dan tak mau bersyukur, baobab tetap saja mengeluh. Kali ini soal tanah yang lembab. “Maumu gimana sih?” grundel para dewa sewot bukan main. Saking murkanya, mereka lalu melemparkan pohon itu ke sebuah gurun di Afrika nan gersang. “Biar susah dapat air sekalian,” sungut para dewa. Karena kelewat bernafsu, lemparan maha kuat itu bikin baobab jungkir balik. “Kepala” baobab nyungsep ke tanah, sementara “kaki-kaki”-nya menggapai-gapai langit. Makanya tuh pohon modelnya kayak kebalik gitu.

Walau marah, para dewa itu maha pengasih. Meski dikirim ke gurun nan kerontang, pohon ini dilengkapi tempat penyimpan air berupa batang berbentuk botol. Fungsinya mirip batang kaktus atau punuk onta. Sekali air diisap lewat akarnya yang panjang, cadangan air itu langsung disimpan dalam batangnya. Daya tampungnya lumayan besar, sampai 120.000 liter!

Itulah kisah sebuah pohon yang tidak mensyukuri setiap nikmat yang telah diberikan kepadanya. Kadang yang namanya usia itu bisa menjadi cobaan bagi yang memilikinya. Ada yang diberi pendek umur, ada yang diberi umur panjang. Panjang pendek umur kita bukan suatu ukuran kesuksesan seseorang. Yang menjadi ukuran adalah seberapa berarti kita mengisi umur kita untuk hal-hal yang berguna.

Ada seseorang yang cuma diberi umur pendek, tapi selama hidupnya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Umur bukan lagi menjadi ukuran. Hari ini saya cuma ingin merenungi apa saja yang telah saya jalani selama ini. Tidak mesti harus tiap tahun saya melakukannya, tapi paling tidak selama setahun ini ada satu waktu dimana saya cuma pengen duduk merenung dan intropeksi diri.

NB: Gak ada yang ngucapin Happy B’day ke gua neh?? ASEM!

Filed under: gado-gado, , , ,

14 Responses

  1. nisaika mengatakan:

    hhhmm?? kaga ada nyang nugcapin heppy biezdai? kaciannn, sini deh gw kasih selamat:

    “waaa..ada yg mau traktir2 rupanya, selamat traktir2ya, ditunggu nih huahahahahahah”

    eh…mmm anu…itu bukan ucapan selamat ulang tahun yakk?*belagakmikirmode:ON”

    *kabur….pns gilanya ngamuk, nyambit pake hulk*
    gyahahahahahaha ;D

  2. akokow mengatakan:

    Selamat ulang Tahun, semoga kayak baobab..

  3. Sandhy ED mengatakan:

    Happy birthday …..

  4. satria mengatakan:

    Selamat !!!! waktu-hidup anda sudah berkurang

    harusnya sedih apa senang yak

    hehe…(maap kalo jadi bikin Bad MOod)

  5. yakhanu mengatakan:

    selamat hari lahir mas…

    salam kenal

  6. adipati kademangan mengatakan:

    halah tibak e njaluk ucapan selamat
    wes njaluk piro tak kek i …

  7. idbloghosting mengatakan:

    Selamat ulang tahun mas🙂 blognya bagus…ceritanya lucu2..pernah terpikir untuk menggunakan nama domain dan hosting sendiri? sebagai referensi,mungkin bisa menggunakan layanan dari idbloghosting.com

  8. nurussadad mengatakan:

    met ultah dehhh;
    pake di asemin segala, o iya ane belum beli cuka buat nge-asemin

  9. adhe mengatakan:

    wah pnsgila ultah
    selamat yung…
    happy b’day!!!!

  10. warmorning mengatakan:

    kasian, nasipmu nyaruis mirip sama pohon yg berantakan ituh, slamat ulang taon tuan !🙂

  11. lydia mengatakan:

    uyuuung met ultaaaaaaahhhhh!!!

    yang keberapa yung?

    *minta ditimpuk*

  12. jutix mengatakan:

    ngomongin umur…….inget mas, udah waktunya dirimu mencari wanita….

  13. och4mil4n mengatakan:

    Happy belated bday..
    semoga tambah panjang……… segalanya.😀

  14. Ayi mengatakan:

    Wah ternyata bintang kita sama mas… Jodoh dong..! *kedipkedip mode on*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Follow Twitter Gue DONK!

%d blogger menyukai ini: