KisaH BeTe eN HePI SeORang PNS

Ikon

Just another my bad days, or a few my good days

Ketika Gua Sudah Bosan Jadi PNS

Catatan: Salah satu postingan dari blog cadangan gua.

Pernah gak elo merasa bosan ama pekerjaan elo? Ketika elo bangun tidur ampe mau tidur lagi, kerjaan elo jelas-jelas udah ngerampok sebagian besar waktu kehidupan elo. Lo bisa bayangkan ketika bangun tidur, langsung aja pikiran lo diisi ama disposisi, laporan pertanggunjawaban keuangan, ngumpulin boarding pass, hingga masalah rebutan bangku bis jemputan kantor. Kata orang pinter, pegawai itu punya istri 2, istri kedua itu namanya ‘pekerjaan’. Kalo yang belum nikah, anggap aja itu istri pertama, dan kalo itu dilakukan, gua jamin lo bakal gak mau punya istri beneran. Wehehehe…

Percaya ato tidak, gua udah cukup bosan dengan kerjaan gua yang sekarang, bahkan gua udah merasa bosan selama 2 tahun terakhir ini. Yang gua takutkan, gua malah jadi bosan beneran jadi PNS. Padahal kalo mau diliat-liat, sebenarnya gak ngebosenin juga sih. Selalu ada aja yang bisa bikin gua ketawa (getir). Tapi emang sih, yang namanya orang ditempatkan pada posisi yang sama selama 3 tahun lebih itu sungguh bikin bosen.

Tentu gua punya semacam trik-trik bagaimana gua sebagai PNS yang cukup membosankan ini mengatasi rasa bosan yang sedang mendera. Jelas bosan bikin galau, mati gaya, en menjurus ke mati beneran. Eh, beneran lo bosan itu bisa bikin mati beneran. Apalagi ketika bosan bawaannya pengen nenggak Baygon.

Oke, gua kasih tau tips-tips mengatasi rasa bosan ala PNS gila:

Pertama, carilah sumber dari rasa bosan itu. Ada begitu banyak sumber dari rasa bosan. Bisa jadi lo bosan karena kerjaannya itu-itu aja, ato bosan ama ketemu bos yang itu-itu aja, ato lebih parah lagi, bosan ama muka sendiri yang itu-itu aja. Pokoknya cari deh tuh sumber rasa bosan lo.

Kedua, kalo sumber rasa bosan lo udah ketemu, segera carikan solusinya, bukan sol sepatu (lebay). Solusinya bisa macem-macem, tapi intinya secara umum dibagi empat. Yakni reparasi, substitusi, komplementer, dan eliminasi. Misalnya, elo bosan ama kerjaan lo gara-gara pimpinan elo. Kalo menurut empat yang tadi gua bilang, bisa jadi solusinya begini:

  • Reparasi: perbaiki kualitas hubungan dengan pimpinan elo, misal sering-sering ngasih surprise mobil misalnya (modalnya gede banget neh)
  • Substitusi: cobalah dengan cara lo pindah ke satuan kerja dengan bos yang berbeda. Ato kalo lo punya nyali, silakan lakukan kudeta. Oke, skip cara yang kedua ini.
  • Komplementeri: cobalah cari sesuatu yang baru yang bisa bikin mood elo terhadap bos lo jadi lebih baik, misal cari teman curhat tentang apa yang sedang elo rasakan itu, ato setiap elo ngerasa bete ama bos, tuangkan kebetean elo pada tulisan ato karikatur. Abis itu tulisan & karikatur itu lo bukuin trus dijual. Dapat duit deh. Eh. (Kayak dejavu neh)
  • Eliminasi: cara ini adalah cara yang sangat ekstrim. Gua tidak menyarankan untuk mengeliminasi bos ente. TIDAK. Tapi kalo lo cukup gila dan stress untuk melakukannya, gua gak ikut-ikut.

Yak, begitulah tips mengusir kebosanan ala PNS gila. Semoga bermanfaat diakherat nanti. Salam Super. Ciao.

Catatan: Tulisan ini ditulis dalam keadaan bosen berat dan nyaris tak tertolong. Segala sesuatu yang terjadi akibat tulisan ini, penulis sungguh tidak mau bertanggung jawab. Tapi kalo sukses gara-gara tulisan ini, anggap aja itu amal ibadah gua.

Filed under: pns

Tinggalkan Balasan

Follow Twitter Gue DONK!

