KisaH BeTe eN HePI SeORang PNS

Ikon

Just another my bad days, or a few my good days

Pantaskah PNS Digaji Tinggi?

Pertanyaan ini sering banget gua denger. Entah itu dari pertanyaan orang-orang di sosial media atopun dari pertanyaan iseng orang-orang di warung kopi. Baik yang di medsos maupun yang di warung kopi isinya sebenarnya sama aja. Sama-sama ngerasa bahwa PNS gaji tinggi itu gak pantes. Yoweslah.

Tapi sebenarnya ukuran gaji PNS itu sewajarnya berapa sih? Apakah dicucok-cucoki ama UMR kah? Ato dipadan-padankan ama pendapatannya tukang Gojek kah? Ato gimana? Ato kita lari ke hutan lalu ke pantai?? #AADCbanget

Mari kita cermati gajinya PNS. Secara umum pendapatan PNS itu ada 3 jenis, yang pertama gaji pokok. Gaji pokok ini biasanya sudah ada aturannya, dan biasanya semakin lama seorang PNS itu mengabdi, maka semakin besar gaji pokoknya. Dan tentu saja memperhatikan juga kepangkatannya.

Lalu yang kedua adalah tunjangan. Tunjangan itu ada beberapa jenis, ada tunjangan kinerja, tunjangan anak/istri/suami, lalu ada yang namanya tunjangan jabatan. Kalo tunjangan anak/istri/suami sudah ada ukuran bakunya. Nah untuk tunjangan kinerja ama tunjangan jabatan yang berbeda-beda. Kalo kinerja dilihat grade dan beban kerjanya. Semakin tinggi grade-nya, semakin tinggi tunjangan yang diterima. Begitu juga dengan tunjangan jabatan (baik itu jabatan struktural maupun fungsional).

Yang ketiga adalah penghasilan lain-lainnya yang didapat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ada yang namanya honor-honor semacam honor menjadi narasumber, moderator, atau honor yang terkait dengan keikutsertaan dalam Tim. Ada pula yang namanya uang yang diperoleh dari Dinas Luar. Semakin lama dinas luarnya semakin besar yang didapatnya. Yang lainnya macam uang makan, uang lembur, dan lain-lain.

Nah, kalo dicermati bisa dikatakan bahwa sebenarnya pendapatan PNS itu tidak jelek-jelek amat kok. Hanya saja memang gak semua PNS dapat penghasilan yang lumayan besar. Ada yang cuma dapat gaji ama tunjangan doang gak pernah dinas luar, ada yang hampir tiap hari dinas luar muluk kayak bang toyib gak pulang-pulang. Ya tergantung banyak faktor juga sih. Bisa jadi faktor keberuntungan, faktor kedekatan, ato faktor kinerja. Yahh gak ada yang pasti.

Makanya ketika ada wacana agar gaji PNS dibuat single salary, secara pribadi gua sih gak ada masalah. Yang penting sih perbaiki dulu standar ukuran kinerjanya. Ketika standar ukuran kinerjanya sudah jelas, maka penetapan single salary tinggal menunggu waktu aja. Dengan jelasnya ukuran kinerja PNS, maka polemik soal gaji PNS bisa dituntaskan. Ukuran kinerja ini jadi patokan berapa besar gaji PNS yang seharusnya. Gaji PNS tinggi? Ya karena emang ukuran kinerjanya memenuhi untuk gaji segono. Gaji PNS rendah? Ya jangan sirik dulu, liat dong ukuran kinerjanya.

Udah ah gua mau kerja lagi #pencitraan.

Filed under: gado-gado, gaji, pns, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Follow Twitter Gue DONK!

%d blogger menyukai ini: